Saturday, March 25, 2017
Home > Berita > Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Pelajar dan Masyarakat

Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Pelajar dan Masyarakat

Sebagai persiapan dalam menghadapi Pemilihan Umum Bupati dan Wakil Bupati Jepara tahun 2017, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Jepara mengadakan kegiatan Sosialisasi Pendidikan Politik bagi Pelajar, Pemuda dan Masyarakat yang diselenggarakan pada hari Kamis tanggal 26 Mei 2016 di Pendopo Kecamatan Nalumsari. Kegiatan tersebut dihadiri oleh para pelajar dari sekolah-sekolah setingkat SMA, para pemuda dan tokoh – tokoh masyarakat desa se- Kecamatan Nalumsari.

Kegiatan yang dimulai pukul 08.00 WIB tersebut diawali dengan sambutan oleh Kepala Sub Bidang Politik, Bapak Darno. Dalam sambutannya, beliau menjelaskan tujuan diadakannya sosialisasi ini yaitu untuk membekali para pemilih pemula yang dalam hal ini para pelajar agar mereka lebih mengerti hak suara mereka dalam memilih calon pemimpin di Kabupaten Jepara ini. Para pemilih pemula harus diberi wawasan tentang pentingnya menggunakan hak suara dalam Pilbup 2017 agar mereka bisa ikut berpartisipasi mensukseskan Pilbup 2017 nanti sehinga akan mengurangi jumlah golput.

Sambutan selanjutnya oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Jepara yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Organisasi Masyarakat dan Politik, Bapak Drs. Agus Nur Slamet, MM. Dalam sambutannya, beliau mengajak para pemilih pemula untuk lebih cerdas dalam menentukan hak pilihnya pada Pilbup 2017 nanti. Beliau juga menghimbau para pemilih pemula untuk berani menolak segala bentuk “Money Politics” atau politik uang yang biasanya disebut dengan istilah “Serangan Fajar”.

Adapun untuk penyampaian materi sosialisasi, dari Kecamatan Nalumsari diwakili oleh Sekretaris Kecamatan, Bapak Fatah Yasin, SH. MM. Beliau menyampaikan gambaran tentang bentuk kehidupan demokrasi di wilayah Kecamatan Nalumsari mulai dari tingkat desa yaitu Pilihan Petinggi sampai tingkat Nasional yaitu Pemilihan Umum Legislatif dan Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden. Faktor keamanan sangatlah penting demi kondusifitas wilayah dan kesuksesan demokrasi.

Dari Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jepara yang diwakili Ibu Anik Solihatun menyampaikan materi tentang pentingnya menggunakan hak suara dalam Pilbup 2017 karena Pemilu merupakan sarana yang sah dan konstitusional untuk memilih pemimpin. Para pelajar dan pemuda merupakan potensi kekuatan yang besar untuk menentukan hasil sebuah Pemilu. Ditegaskan beliau bahwa Pilkada / Pilbup ini hanyalah cara bukan tujuan akhir. Tujuan Pilkada / Pilbup adalah untuk memilih pemimpin berkualitas dan terwujudnya kesejahteraan rakyat.

Kegiatan sosialisasi ini juga diisi acara diskusi dan tanya jawab yang dipandu oleh Sekretaris Kecamatan Nalumsari, Bapak Fatah Yasin, SH. MM.

Sosialisasi Pendidikan Politik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *